lldikti16_gtlo@kemdikbud.go.id
Jl. Jend Sudirman, Kota Gorontalo, 96115
Senin - Jumat, 08:00 - 16:00

Upacara Peringati HUT Kemerdekaan RI, LLDIKTI XVI Kenakan Pakaian Adat

Facebook
WhatsApp
Telegram
Twitter

KABAR LLDIKTI – Memperingat Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (RI), Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XVI Gorontalo menggelar Upacara dengan mengenakan pakaian Adat.

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Kepala LLDIKTI Wilayah XVI Munawir Sadzali Razak yang mengenakan pakaian adat Gorontalo “Payungo Bilalango” yaitu pakaian adat Pria yang sering digunakan saat pelaksanaan Akad Nikah di Gorontalo.

Sementara Kepala Bagian Umum LLDIKTI XVI Irwan Halid mengenakan pakaian adat “Takowa” yang juga berasal dari Gorontalo dan Peserta Upacara juga mengenakan beragam pakaian adat dari berbagai daerah.

Pelaksanaan Upacara memperingati HUT ke-77 RI dilingkungan kerja LLDIKTI XVI itu, juga mengundang unsur Pimpinan PTS Se-Provinsi Gorontalo, unsur DPK dan DTY, serta unsur perwakilan mahasiswa di masing-masing PTS di Gorontalo.

Peringatan Upacara HUT Kemerdekaan ke-77 RI, yang dilaksanakan secara terbuka ini adalah pertama kalinya sejak LLDIKTI Wilayah XVI berdiri pada Oktober 2020. Di Tahun 2021, LLDikti hanya menggelar secara terbatas internal LLDIKTI XVI.

Pada momen tersebut, Munawir Sadzali Razak membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi diantaranya peran besar kemendikbudristek dalam menggalang kolaborasi global, untuk bergotong royong memulihkan dan membangkitkan sistem Pendidikan melalui presidensi G20 tahun 2022.

“Kita telah memberi contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin besar berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui kurikulum Merdeka Belajar dan platform Merdeka Mengajar,” Kata Munawir.

Kemendikburistek telah memberi bukti bahwa upaya untuk memperluas akses terhadap Pendidikan yang berkualitas dapat dilakukan melalui terobosan mekanisme Bantuan Operasional Sekolah dan berbagai program dukungan beasiswa, serta telah meyakinkan dunia bahwa generasi muda Indonesia sudah terlatih dengan dunia kerja dari kehidupan bermasyarakat, yang bekalnya diperoleh sejak di bangku kuliah melalui berbagai program belajar di luar kampus yang terhimpun dalam Kampus Merdeka.

Begitu juga pada sektor Kebudayaan, Kemendikbudristek dalam forum G20 mendorong negara-negara di dunia untuk menghadirkan dukungan pendanaan bagi seniman dan pelaku budaya agar dapat Kembali menginspirasi dengan karya-karya terbaiknya,khususnya di masa pascapandemi.

Inisiatif ini adalah kelanjutan dari terobosan dana abadi kebudayaan dan kanal budaya pertama di Indonesia yang diluncurkan dan telah memberikan banyak manfaat bagi para penggerak budaya.

“Hal-hal yang saya sebutkan tadi barulah sebagian kecil dari terobosan Merdeka Belajar yang sekarang sudah mencapai 21 episode. Masih banyak lagi episode Merdeka Belajar yang akan diluncurkan sampai semua anak di seluruh Indonesia merasakan kemerdekaan yang sebenarnya, yaitu belajar dengan Bahagia, berkarya tanpa hambatan, berlari menuju masa depan dengan penuh keberanian sebagai pelajar Pancasila,” Jelas Munawir.

Usai membacakan sambutan tersebut, Munawir juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah hadir pada Upacara peringatan HUT RI ke-77 di lingkup LLDIKTI Wilayah XVI Gorontalo.

Serta apresiasinya terhadap pakaian adat yang dikenakan oleh seluruh Staff LLDIKTI XVI sebagai simbol Kebhinekaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

  • Pengumuman

    Ikuti Kami