lldikti16_gtlo@kemdikbud.go.id
Jl. Jend Sudirman, Kota Gorontalo, 96115
Senin - Jumat, 08:00 - 16:00

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, LLDIKTI XVI Gelar Uji Publik Standar Pelayanan

Facebook
WhatsApp
Telegram
Twitter

Sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan,LLDIKTI Wilayah XVI menggelar Uji Publik standar pelayanan yang diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Swasta wilayah Gorontalo,Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah. Rabu, 28 September 2022.

Uji Publik yang diselenggarakan daring, dihadiri Kepala LLDIKTI Wilayah XVI Gorontalo, Munawir Sadzali Razak, Kabag Umum Irwan Halid dan semua Kelompok Kerja (Pokja) LLDIKTI XVI .

Munawir Razak mengatakan kegiatan ini merupakan amanat Undang-Undang No.25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik, dimana LLDIKTI sebagai penyelenggara diminta untuk melibatkan stakeholder dalam penyusunan kebijakan pelayanan.

“Jika dilihat dari road map reformasi birokrasi Indonesia untuk 2020-2024, saat ini kita sedang dalam pergeseran paradigma new public management menjadi new public service yang ditandai dengan besarnya peran atau partisipasi publik dalam penyusunan kebijakan,” Kata Munawir.

Dalam konteks pelayanan publik di LLDIKTI Wilayah XVI, bentuk partisipasi PTS sebagai pengguna layanan dapat diwujudkan dalam tiga hal yaitu memberikan umpan balik melalui survei kepuasan setelah mendapatkan pelayanan, menyampaikan keluhan dan aduan apabila ada pelayanan yang tidak maksimal serta memberikan masukan terhadap rancangan standar pelayanan publik yang telah dirancang.

“Meningkatnya kualitas layanan adalah salah satu Indikator Kinerja Utama LLDIKTI yang tercermin dari presentasi layanan yang tepat waktu. Upaya peningkatan pelayanan ini terus kami lakukan agar dapat menciptakan pelayanan prima, yaitu tidak hanya memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan, namun juga melampauinya secara terkontrol dan berkesinambungan. Sasarannya tidak lagi kepuasan tapi kepercayaan masyarakat,” Jelas Munawir.

Munawir juga menjelaskan pelayanan publik yang berkualitas dihasilkan oleh cara petugas layanan menggunakan sikap, perilaku, dan kemampuan verbal mereka dalam membangun interaksi dengan pengguna layanan, serta sistem dan prosedur yang ditetapkan untuk memberikan layanan.

“Hal ini sejalan dengan tata nilai budaya kerja Kemdikbudristek yaitu memiliki integritas, kreatif dan inovatif, inisiatif, pembelajar, menjunjung meritokrasi, terlibat aktif, dan tanpa pamrih,” tambah Munawir.

Saat ini, LLDIKTI XVI tengah mengembangkan replikasi berbagai sistem layanan yang nantinya dapat digunakan sesuai kebutuhan pengguna.

Sementara itu, Kabag Umum LLDIKTI XVI Irwan Halid juga menyampaikan seluruh saran serta masukan yang diterima saat Uji Publik akan menjadi poin revisi sehingga Standar Pelayanan Publik dapat diluncurkan pada awal bulan Oktober 2022. (Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Pengumuman

    Ikuti Kami