lldikti16_gtlo@kemdikbud.go.id
Jl. Jend Sudirman, Kota Gorontalo, 96115
Senin - Jumat, 08:00 - 16:00

LLDIKTI XVI Gelar Bimbingan Teknis Penyusunan SPMI

Facebook
WhatsApp
Telegram
Twitter

KABAR LLDIKTI – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XVI Gorontalo, menggelar Bimbingan Teknis Penyusunan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) bagi 90 Perguruan Tinggi Swasta yang ada di lingkup LLDIKTI XVI, Kamis 27 Oktober 2022.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala LLDIKTI XVI Munawir Sadzali Radzak ini dilaksanakan secara daring, yang diikuti oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta serta Bidang Penjaminan Mutu.

Dalam sambutannya, Munawir mengatakan LLDIKTI bertugas sebagai fasilitator dalam peningkatan mutu perguruan tinggi. Sehingga berhasil atau tidaknya LLDIKTI salah satunya terlihat dari peningkatan mutu PTS.

“Saat ini jika melihat peringkat akreditasi institusi, dari 90 PTS di wilayah kami tercatat 42 tidak terakreditasi, 29 akreditasi C atau Baik, 19 akreditasi B atau Baik Sekali, sedangkan untuk akreditasi A atau Unggul belum ada di wilayah XVI. Tentunya ini menjadi PR besar untuk kami bagaimana meningkatkan mutu PTS,” Kata Munawir.

Sedangkan untuk akreditasi Program Studi (Prodi) tercatat ada 100 prodi yang tidak terakreditasi, 164 prodi akreditasi C atau Baik, 181 akreditasi B atau Baik Sekali dan 1 akreditasi A atau Unggul.

“Jika dilihat dari data BAN-PT yang berdasarkan nilai rata-rata peringkat institusi, sejak 2017 hingga Maret 2022 dari skala 0-4, kelemahan PTS di wilayah LLDIKTI XVI terletak pada implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal inilah yang perlu diperkuat dalam sistem penjaminan mutu internal PTS” Tambah Munawir.

Kegiatan tersebut, menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Kevin Marbun Koordinator Penjaminan Mutu Direktorat Belmawa Ditjen Diktiristek, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Manado, dan Fasilitator SPMI Wilayah LLDIKTI XVI. (Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Pengumuman

    Ikuti Kami