lldikti16_gtlo@kemdikbud.go.id
Jl. Jend Sudirman, Kota Gorontalo, 96115
Senin - Jumat, 08:00 - 16:00

Tingkatkan Kolaborasi, LLDIKTI dan APTISI Audiensi ke DPRD Provinsi Gorontalo  

Facebook
WhatsApp
Telegram
Twitter

Sebagai instansi yang bertugas untuk memfasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan Pendidikan tinggi, LLDIKTI Wilayah XVI harus berkoordinasi dengan berbagai unsur termasuk pemerintah daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Hal tersebut diamanatkan dalam Permendikbud Nomor 35 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja LLDIKTI. Koordinasi lintas sektor tersebut penting dan diperlukkan untuk menyeleraskan program dan agenda kebijakan masing-masing. 

Pada Selasa, 3 Januari 2023, Kepala LLDIKTI Wilayah XVI, Munawir Razak bersama dengan jajarannya melakukan audiensi kepada Pimpinan DPRD Provinsi Gorontalo. Dalam kunjungan tersebut, turut hadir Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Gorontalo, Azis Rahman bersama segenap pengurus APTISI yang mayoritas adalah pimpinan PTS di Provinsi Gorontalo. Audiensi tersebut di terima oleh Hamid Kuna, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo yang membidangi Kesejahteraan Sosial, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Turut hadir mewakili Pemprov Gorontalo, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Iswanta.

Munawir juga menyampaikan kontribusi yang dapat diberikan oleh PTS terhadap daerah Gorontalo, selain menyediakan lulusan sebagai sumber tenaga kerja untuk membangun daerah, PTS juga dapat berperan sebagai mitra strategis, dalam penyusunan berbagai macam regulasi, sebagai tenaga kelompok ahli dan bekerja sama dalam melakukan pengabdian dengan masyarakat hingga peran dalam upaya memperkecil capital flight (pindahnya modal) ke daerah lain ataupun ke negara lain. Oleh karena itu, Munawir berharap pemerintah daerah juga dapat memberikan dukungan kepada PTS dalam berbagai bentuk. “Bahkan Pemerintah Daerah dapat memberikan bantuan pendanaan kepada PTS, sebagaimana teracantum dalam Pasal 83 ayat (2) Undang-Undang Pendidikan Tinggi yang menyebutkan bahwa pemerintah daerah dapat memberikan dukungan dana Pendidikan Tinggi yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah”, ujar Munawir.

Pada pertemuan tersebut, Munawir memaparkan berbagai data yang menggambarkan kondisi PTS di Gorontalo. Menurut Munawir, karena jumlah PTS yang relatif sedikit dibandingkan dua provinsi lain di wilayah XVI, secara rata-rata PTS Gorontalo unggul di beberapa indikator, mulai dari akreditasi perguruan tinggi hingga jumlah dosen yang tersertifikasi. “Kondisi ini mengharuskan kami lebih memberikan perhatian kepada PTS di Provinsi Sulut dan Sulteng, tanpa mengurangi perhatian dan kualitas pelayanan kami kepada PTS di Gorontalo”, ujar Munawir.

Di akhir pertemuan, Pimpinan DPRD Gorontalo menyampaikan dukungan terhadap program-program dan kegiatan LLDIKTI Wilayah XVI dalam rangka peningkatan mutu PTS. DPRD juga mendorong agar LLDIKTI Wilayah XVI mengajukan permohonan hibah tanah seluas 5.000 meter persegi kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo sebagai calon lokasi pembangunan kantor permanen LLDIKTI Wilayah XVI, dimana saat ini LLDIKTI masih meminjam pakai eks Gedung Kantor Gubernur Gorontalo sebagai kantor sementara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Pengumuman

    Ikuti Kami