
Sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik, LLDIKTI XVI telah meluncurkan aplikasi Sistem Pelayanan Informasi Terpadu (SIPINTER) dan layanan Helpdesk yang sudah bisa digunakan pada 6 Februari 2023.
Kepala LLDIKTI XVI Wilayah Gorontalo, Munawir Sadzali Razak dalam sambutannya mengatakan SIPINTER merupakan replikasi dari LLDIKTI IX Wilayah Makassar yang telah terlebih dahulu menggunakannya sejak tahun 2021.
“LLDIKTI memiliki fungsi dan tugas sebagai fasilitator peningkatan mutu. Tentu saja dalam upaya peningkatan mutu ini diperlukan beberapa program, strategi dan pelayanan yang sifatnya administratif agar unsur-unsur dalam Perguruan Tinggi mengalami peningkatan,” kata Munawir.
Perubahan pola pelayanan publik juga merupakan amanat Presiden RI melalui reformasi birokrasi. Sudah saatnya meninggalkan cara lama baik dalam mengelola organisasi, lembaga maupun pemerintahan. Implementasi aplikasi SIPINTER dan layanan Helpdesk ini adalah tindak lanjut dalam merubah pelayanan konvensional menjadi berbasis teknologi informasi.
Tujuan dari reformasi birokrasi adalah terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dengan aparatur berintegritas tinggi, produktif, dan melayani secara prima dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik.
“Tahun 2022 kemarin LLDIKTI XVI sudah mencanangkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK) sebagai langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan tata kelola lembaga yang baik, efektif, dan efisien. Sehingga kami dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam hal ini unsur Perguruan Tinggi dengan tepat, cepat dan profesional,” jelas Munawir.
Aplikasi SIPINTER sudah bisa diakses melalui web https://sipinter.lldikti16.kemdikbud.go.id dan untuk panduan penggunan aplikasi dapat diunduh pada tautan https://sipinter.lldikti16.kemdikbud.go.id/upload/Panduan_SIPINTER.pdf .
“Sejak digunakannya SIPINTER, maka kami menghentikan pengajuan layanan secara manual baik diantar langsung ke kantor LLDIKTI maupun melalui Pos dan surat elektronik. Selain itu layanan SIPINTER tidak mencakup jenis layanan yang telah disediakan langsung melalui aplikasi kementerian seperti SIAGA, PD-Dikti dan layanan sejenisnya,” tambah Munawir.
Sedangkan untuk pertanyaan, keluhan dan konsultasi terkait SIPINTER atau layanan lainnya, LLDIKTI telah memiliki Petugas Helpdesk yang dihubungi melalui Nomor WhatsApp 0877-60-161616 atau email di lldikti16_gtlo@kemdikbud.go.id . “Seluruh layanan di LLDIKTI XVI tidak dipungut biaya. Untuk itu kami berharap para pengguna layanan turut berpartisipasi dalam mewujudkan pelayanan yang bersih, transparan dan bebas gratifikasi. Apabila ditemukan permintaan imbalan dari pegawai LLDIKTI XVI terkait layanan yang diberikan, segera dilaporkan melalui laman https://lldikti16.lapor.go.id/ “ pungkas Munawir.