lldikti16_gtlo@kemdikbud.go.id
Senin - Jumat, 08:00 - 16:00

LLDIKTI XVI Gelar Pilmapres Tahun 2023

Facebook
WhatsApp
Telegram
Twitter

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XVI menggelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tahun 2023 dengan mengusung tema “Sustainable Development Goal’s” yang dilaksanakan di Universitas De La Salle, Manado. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, 10 – 11 Mei 2023, yang diikuti oleh Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah.

Dalam pembukaan kegiatan, Kepala LLDIKTI XVI yang diwakili oleh Koordinator bidang kemahasiswaan LLDIKTI XVI Hariyanto Huntua menyampaikan, Kegiatan Pilmapres Tahun 2023 ini merupakan event pertama yang dilaksanakan secara luring dengan melibatkan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.

“Dalam pelaksanaan Pilmapres tahun ini kami sangat berhati-hati karena kami ditugaskan oleh Puspresnas untuk menyeleksi para peserta dengan netral tanpa adanya sikap memihak. Kita juga menghadirkan dewan juri yang sudah menandatangani fakta integritas bersifat netral dan bukan merupakan perwakilan dari Ptn maupun Pts yang ikut Pilmapres.” Jelas Hariyanto.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan event yang diselenggarakan setiap tahun oleh Puspresnas dibawah naungan Kemendikbudristek. Tujuan dari kegiatan ini sebagai upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang selaras dengan UUD No 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi yang melandasi pengembangan kualitas lulusan melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

Tahapan pemilihan kegiatan ini meliputi seleksi ditingkat Perguruan Tinggi, seleksi tingkat wilayah, seleksi awal nasional dan seleksi final nasional.

“Lima pemenang yang telah terpilih dari 17 peserta akan kami kirimkan ke tingkat awal nasional sebagai perwakilan dari LLDIKTI Wilayah XVI. Kelima peserta tersebut adalah 3 dari Perguruan Tinggi dan 2 dari Vokasi. Kami juga sudah mempersiapkan hadiah untuk pemenang. Jadi, saya berharap semoga para peserta bisa mengikuti lomba ini dengan enjoy.” Tambah Hariyanto.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas De La Salle, Profesor Johanis Ohoitimur mengungkapkan “Sustainable Development Goal’s” (SDG’s) yang menjadi tema dalam kegiatan ini bisa mengarahkan masyarakat ke masa depan yang lebih baik khususnya generasi muda.

“Tema ini menuntun kita untuk fokus pada generasi masa depan yang sungguh-sungguh punya kontribusi kepada kesejahteraan masyarakat. Kontribusi dari generasi itu adalah bagian kontribusi dari Perguruan Tinggi jika menghasilkan mahasiswa yang menjadi warga negara yang baik.” Jelas Profesor Johanis.

Pada ajang Pilmapres tahun 2023 ini para peserta yang berjumlah 17 orang memaparkan inovasi mereka dengan mengangkat beberapa topik menarik untuk menjawab tantangan yang ada pada masyarakat.  Sementara itu, peserta yang menjadi mahasiswa berprestasi terpilih berdasarkan kriteria penilaian Bahasa Ingris, gagasan kreatif dan inovatif serta keunggulan dari personality para peserta.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI XVI Munawir Razak saat menutup ajang Pilmapres tahun 2023 ini adalah seleksi untuk memilih mahasiswa terbaik yang bisa bersaing dan kompetitif dimasa depan khususnya di dunia kerja yang tidak hanya mengandalkan knowledge atau pengetahuan saja, tetapi 3 aspek kompetensi mahasiswa yaitu knowledge, skill, dan attitude yang dibutuhkan. Ketiga hal inilah yang membawa mahasiswa bisa survive dan kompetitif untuk masuk ke dunia kerja.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh peserta karena sudah berani tampil diajang Pilmapres 2023 ini dan menjadi mahasiswa terbaik dari seluruh mahasiswa yang ada di provinsi Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah. Mereka sudah memiliki pengalaman dan kompetensi untuk menjual ide dan gagasan mereka.” Ungkap Munawir.

Berikut nama pemenang Pilmapres Tahun 2023 Tingkat LLDIKTI Wilayah XVI. Top 3 Jenjang Sarjana, Peraih Juara 1 adalah Natalie Gabriella Tombokan dari Universitas Sam Ratulangi; Juara 2 Dina Meri Demhi dari Universitas Negeri Manado; dan Juara 3 Taufiq Qurrohman dari Universitas Negeri Gorontalo.

Untuk Top 2 Jenjang Diploma, Peraih Juara 1 yaitu Putri Sangit dari Universitas Bina Mandiri Gorontalo dan Juara 2 Azila Zazkia Ramadani dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bala Keselamatan Palu. (Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Pengumuman

    Ikuti Kami