LLDIKTI XVI Gelar Bimbingan Teknis Tata Kelola Jurnal Terakreditasi

Sidik
LLDIKTI XVI Gelar Bimbingan Teknis Tata Kelola Jurnal Terakreditasi

Sebagai upaya peningkatan kualitas dan kuantitas jurnal yang tersitasi dan terpublikasi, LLDIKTI Wilayah XVI kembali mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Tata Kelola Jurnal Terakreditasi yang digelar di Gedung Aula Universitas Muhammadiyah Gorontalo,Rabu 9 Agustus 2023.

Bimtek ini menghadirkan Prof. Irwansyah sebagai narasumber, yang juga merupakan Tim Asesor, Reviewer Kemendikbudristek serta Guru Besar Universitas Hasanudin Makassar serta diikuti seluruh PTS yang ada di Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo baik secara daring maupun luring.

Kepala LLDIKTI Wilayah XVI Munawir Sadzali Razak menuturkan bahwa ada dua problematika yg di dihadapi terkait penerbitan artikel ilmiah  diantaranya adalah suplai jurnal bermutu dari dosen sangat terbatas yang dikarenakan oleh rendahnya komitmen dari dosen untuk melakukan publikasi dari hasil penelitian dan pengabdian yang terbit secara berkala atau kualitas penelitian yang masih rendah.

“ Dalam Permendikbudristek Nomor 7 tahun 2020 ada ancaman sanksi ringan yang dalam hal ini teguran tertulis bagi PT yang tidak menyebarluaskan hasil penelitian baik itu melalui kegiatan seminar, workshop. Padahal dengan meningkatnya kualitas dan kuantitas jurnal yang terpublikasi juga sangat berpengaruh positif bagi PTS dalam meningkatkan mutu Perguruan Tingginya” Kata Munawir dalam sambutannya.

Munawir juga mengimbau kepada para dosen yang jurnalnya masih dalam bentuk fisik dapat mempersiapkan infrastruktur untuk  mengakses jurnal secara daring sehingga mempermudah plagiarsm checking.

Sementara itu Prof Irwansyah selaku Narasumber Kegiatan mengatakan bahwa “Semua perguruan tinggi dituntut untuk setiap prodi harus berfokus membuat jurnalnya masing-masing. Dan semua program studi harus memiliki jurnal. Jurnal itu harus spesifik. Ini dibutuhkan untuk penilaian akreditasi prodi. Oleh karena itu, ini sangat penting untuk seluruh universitas khusus nya prodi.” Jelasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh PTS yang ada di Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo baik secara daring maupun luring. (Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *