Tingkatkan Mutu Kelembagaan, LLDIKTI XVI Gelar Workshop Penguatan Tata Kelola PTS

Fatra Dano
Tingkatkan Mutu Kelembagaan, LLDIKTI XVI Gelar Workshop Penguatan Tata Kelola PTS

Sebagai upaya peningkatan mutu kelembagaan di Perguruan Tinggi Swasta, LLDIKTI Wilayah XVI melaksanakan Workshop Penguatan Tata Kelola PTS dengan menghadirkan seluruh Pimpinan Pengelola dan Badan Penyelenggara yang ada di Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sulawesi Utara, Jumat 22 September 2023.

Hadir sebagai narasumber yaitu tim Evaluasi Kinerja Perguruan Tinggi (EKPT) diantaranya Sugiyanto, Sucipto Hadi Purnomo dan Rizky Aldila yang didampingi oleh Tim Pengendalian Kelembagaan Direktorat Kelembagaan Dirjen Diktiristek.

Kepala LLDIKTI Wilayah XVI Munawir Sadzali Razak mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Rakorwil LLDIKTI XVI yang puncaknya akan diselenggarakan pada 11-13 Oktober 2023 di Gorontalo. Selain itu, pelaksanaan kegiatan ini juga penting mengingat tahun ini Kemendikbudristek telah mencabut izin penyelenggaraan dua PTS yang ada di Manado, Sulawesi Utara. Sehingga selang 5 tahun terakhir ada total 5 Perguruan di wilayah Sulut yang dicabut izin penyelenggarannya.

“Harapan kami, Bapak Ibu Pimpinan PT dan Badan Penyelenggara bisa memahami aturan main penyelenggaraan Pendidikan Tinggi yang baik sesuai dengan prinsip-prinsip Good University Governance agar tetap berada di jalur yang benar dan tidak melakukan pelanggaran,” kata Munawir dalam sambutannya.

Peran PTS dalam meningkatkan APK sangatlah penting mengingat PTS berkontribusi sebesar 27 persen, dibandingkan PTN yang hanya 12 persen. Sehingga PTS harus melaksanakan izin penyelenggara PT dengan sebaik-baiknya dan sesuai ketentuan. Baik itu standar nasional tinggi yang saat ini sudah dirubah melalui Permendikbud 53 Tahun 2023, maupun menghindari jenis-jenis pelanggaran ringan, sedang dan berat sesuai dengan Permendikbud 7 Tahun 2020. “Saat ini, Direktorat kelembagaan juga telah menyiapkan Aplikasi PINDAI Dikti untuk menayangkan kinerja Perguruan Tinggi melalui IKU PT, serta Sistem Informasi Pengendalian Kelembagaan PT yang dapat menjadi sarana untuk Masyarakat melapor pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di Perguruan Tinggi. untuk itu kami berharap Bapak Ibu dapat mengikuti kegiatan ini dengan maksimal. (Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *