Universitas Gorontalo Kukuhkan Dua Professor Pertama

Sidik
Universitas Gorontalo Kukuhkan Dua Professor Pertama

Gorontalo – Kepala LLDIKTI Wilayah XVI, Munawir Razak, menghadiri Rapat Senat Akademik Terbuka Universitas Gorontalo dalam rangka pengukuhan dua orang Professor pada Selasa, 28 November 2023 di Gedung Universitas Gorontalo Convention Centre Limboto. Dua orang Professor yang dikukuhkan tersebut adalah Prof. Dr. Hj. Meimoon Ibrahim, SE.MM. sebagai Guru Besar di Bidang Ilmu Manajemen dan Prof. Dr. H. Rustam HS Akili, SE.SH.MH. sebagai Guru Besar pada Bidang Ilmu Hukum Tata Negara dan Administrasi Negara.

Pengukuhan dua orang Professor di Universitas Gorontalo pada hari ini merupakan sejarah karena baru pertama kalinya dilakukan oleh PTS di Provinsi Gorontalo. Menurut Munawir, acara pengukuhan ini diharapkan dapat memberi inspirasi dan motivasi bagi dosen PTS lain untuk bisa mencapai jabatan akademik tertinggi tersebut. Jumlah Professor yang berada di PTS Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo saat ini baru berjumlah empat orang. “Jumlah professor kita masih sangat sedikit bila dibandingkan dengan jumlah keseluruhan dosen di wilayah XVI yang jumlahnya mencapai 4218 orang”, ujar Munawir

Munawir juga berharap, dengan dikukuhkannya dua orang Professor ini, keberadaan Universitas Gorontalo semakin diakui oleh masyarakat dan semakin mantap melangkah untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul di tahun 2030. Pada Rakornas LLDIKTI XVI yang digelar bulan lalu, LLDIKTI memberikan pengharagan kepada Universitas Gorontalo yang merupakan PTS dengan rasio dosen berkulifikasi doktor terbesar. Dari 118 orang Dosen di Universitas Gorontalo, sepertiga diantaranya sudah bergelar doktor dan 45 persen sudah bergelar minimal Lektor. “Pak Rektor jangan berharap bisa membawa Universitas Gorontalo menjadi perguruan tinggi yang unggul kalau tidak memberikan perhatian yang besar pada pengembangan karir, kualifikasi dan kompetensi dosen”, tegas Munawir.

di akhir sambutannya, Munawir berpesan kepada dua orang Professor yang baru dikukuhkan untuk tidak berhenti berkarya dan memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat, “Teruslah produktif dan menjadi inspirasi bagi para akademisi di Gorontalo”,

Acara pengukuan Professor ini dihadiri pula oleh beberapa tokoh, yaitu Penjabat Gubernur Gorontalo, Ir. Ismail Pakaya, ME.; Duta Besar RI untuk Boznia Herzegovina, YM Drs. H. Roem Kono, M.I.Pol.; Bupati Bone Bolango, Dr. Merlan S. Uloli, S.E., M.M; Ketua Aliansi Penyelenggara Perguruan Tinggi Indonesia, Prof Dr H Mansyur Ramli MSi.; Ketua APTISI Gorontalo, Dr. Ir. Azis Rachman, serta Anggota Majelis Akreditasi BAN PT, Dr. dr. Muhammad Isman Jusuf,Sp.S.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *